Thursday, December 15, 2016

Mengajar Narrative Text dengan Media Gambar Berseri


Assalamu'alaikum Sobat Arum’s blog .. 

Postingan kali ini saya akan share tentang media pembelajaran dalam mengajar narrative text bahasa inggris. Narrative text adalah termasuk jenis teks bahasa inggris menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian peristiwa kronologis yang saling berhubungan, cerita tersebut mengandung konfik dan pemecahan konflik, teks ini bersifat imajinatif, bertujuan menghibur pembaca dengan sebuah cerita.

Pada kurikulum 2013 teks narasi diajarkan pada jenjang SMA kelas X. Berbagai macam metode pembelajaran dapat digunakan oleh guru, agar materi yang dibawakan tersebut mudah diterima, dipahami dan diingat siswa. Walaupun metode pembelajaran sangatlah banyak. Sebagai seorang pengajar kita harus bisa menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan berdasarkan materi tersebut.

Ketika saya mendapat tugas membuat media dan RPP di mata kuliah Media in ELT (English Learning and Teaching). Saya memilih media gambar berseri untuk materi nrrative text ini. 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                         : SMA ..................
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : X / I
Materi Pokok                          : Narrative / Legenda
Alokasi Waktu                        :  1 X pertemuan (2 JP 45 menit)
Keterampilan                           : writing,reading,listening
A.    Kompetensi Inti   :
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
                KI 3  : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untu memecahkan masalah.
               KI 3 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi dasar dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar 

2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan kerjasama, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.9.
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terakit cerita rakyat sederhana berbentuk, sesuai dengan konteks penggunaannya.
-  Mendaftar gambar legenda rakyat.
-  Mendiskusikan cerita rakyat sesuai struktur teks.
-  Menyusun cerita ke dalam teks naratif dengan unsur kebahasaan.
-  Menyimpulkan nilai moral ceritaa rakyat.
4.9
Menangkap makna teks naratif lisan berbentuk legenda sederhana.
-    Mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan.
-    Menentukan judul cerita rakyat.

C.    Tujuan  Pembelajaran
      Setelah melakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik tentang narasi, siswa diharapkan dapat:
1. Mendaftar gambar legenda rakyat.
2. Menentukan unsur kebahasaan teks naratif.
3. Membuat cerita narasi berdasarkan gambar berseri yang diberikan.
4. Menyimpulkan nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat.
5. Mendengarkan cerita rakyat dari kelompok lain.
6. Menetukan judul cerita rakyat.

D.    Materi Pembelajaran
     1.Cerita rakyat “ Malin Kundang, Rara Jonggrang,Tangkuban Perahu”.
     2. Struktur teks.
     3. Teks narrative.
     4. Gambar berseri.
     5. Nilai moral dalam cerita.

E.     Metode Pembelajaran :
            Problem based learning

F.     Media Pembelajaran :
            Gambar Berseri

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
      Pertemuan Ke-2 (2JP)




 
No
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru memberikan sedikit pengantar tentang materi pertemuan pertama dan memperlihatkan gambar-gambar tentang naratif.
·         Siswa menebak jenis teks apakah yang sedang ditayangkan.
10 menit.
2
Kegiatan Inti
·  Siswa mendengarkan instruksi guru
·  Siswa  membentuk kelompok
·  Setiap kelompok mendapatkan 1 amplop berisi gambarberseri.
·  Siswa secara berkelompok mengurutkan gambar acak kedalam teks narative yang baik dan benar.
·  Siswa berdiskusi dan menyusun cerita narasi.
·  Siswa  secara berkelompok  membuat  cerita naratif dari gambar berseri yang didapat sesuai struktur teks, unsur kebahasaan teks naratif.
·  Setiap kelompok membacakan cerita rakyat sesuai gambar yang dimiliki
·  Siswa dari kelompok lain memberikan tanggapan berupa menjawab pertanyaan yang diberikan
·  Siswa  bekerja kelompok terdiri dari 4 atau 5 siswa menyamapaikan cerita narasi bertema legenda, cerita tersebut dalam kelompoknya
·  Masing –masin g kelompok melaporkan tentang cerita narasi  oleh kelompoknya dan memberi pertanyaan pada kelompok lain.
·  Antar kelompok berebut menjawab pertanyaan.
70 menit
3
Penutup
·  Siswa dan guru menkonfirmasi ungkapan-ungkapan khusus yang sering muncul dalam cerita.
·  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan datang
10 menit






Lampiran 
Gambar berseri Malin Kundang

Terima Kasih Semoga Bermanfaat ...

0 comments:

Post a Comment