Thursday, December 1, 2016

Pengalaman Pertama Belajar Blog



Assalamualaikum Sobat Arum's Blog,,

Ini coretan pertama saya di blog. Saya akan membagikan pengalaman saya belajar web. Pertama saya memahami web, ketika duduk di SMK. Awalnya sangat penasaran dan saya beranikan diri bertanya teman yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer, kalau tidak begitu I’ll never know forever. Dia menjelaskan bahwa web itu..bla.bla.bla.bla blog  itu... bla.bla.bla.bla. Teman saya menjelaskan P x L = saya memahaminya hanya sekilas saja, maklum baru pertama ya. Secara tidak sadar yang kita buka setiap hari di search engine (google, yahoo, MSN)  itulah web.
.
Nah,,pada suatu ketika saya kelas 12 guru produktif saya mengajarkan linux sekaligus mengjarkan membuat web karena berkaitan dengan HTML. Seperti anak kecil yang mendapatkan permainan baru. Saya mengikuti pelajaran tersebut dengan perasaan semangat yang menggebu-gebu. Sebelumnya saya pernah mempunyai pertanyaan perbedaan web dan blog, disinilah saya mendapatkan jawabannya.Web atau website adalah layanan komputer dengan akses internet/ halaman yang berisi berbagai informasi (teks, gambar, gerak, animasi, suara atau gabungan semuanya). Informasi tersebut ada yang gratis dan komersial. Sedangkan blog singkatan dari web log dimana blog ini merupakan salah satu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Dan ternyata jauh dari angan-angan yang saya pikir mudah, kalau mau ngepost tinggal post saja, mau ganti warna background, tinggal klik lalu pilih warnanya. Kita harus berkenalan dulu dengan bahasa HTML. Sebagai contoh jika ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: <b> TAMPIL TEBAL</b>. Tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut. Begitulah pertama kali saya belajar web dengan bahasa HTML cukup rumit. Mungkin juga belajarnya dulu setengah-setengah jadi ilmunya juga setengah-setengah. Jangan ditiru ya guys hehe

Sudah cukup lama tidak menengok dunia web karena sudah terdoktrin bahwa web itu harus menggunakan script HTML. Pemikiran itu sampai waktu mempetemukan saya dengan dunia web lagi. Kesalahan besar, jadi jangan meremehkan hal yang terlihat mudah. Saya bersyukur sekali mendapatkan mata kuliah Media in ELT. Disini saya diajarkan membuat blog. Banyak situs yang menyediakan layanan untuk membuat blog di internet. Hampir semua layanan blogging tersebut bisa dicoba secara gratis. Mungkin sebagian dari kalian selama ini hanya mengenal platform blogging gratis dari Blogger / Wordpress. Sebenarnya banyak situs lain yang menyediakan layanan pembuatan blog gratis selain kedua tersebut.
Misalnya, 1. http://blogdetik.com,

Tetapi kami sekarang menggunakan platform dari bogger. It’s very easy guys. Cukup kita punya e-mail dan jangan lupa pastikan memiliki koneksi internet ya.

Terima kasih sobat Arum's blog..
Semoga dapat menginspirasi kalian semua..

0 comments:

Post a Comment